Kamis, 09 April 2009

Penggunaan Media Pembelajaran Berbantu Komputer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 14 Kendari.

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Diakui mata pelajaran matematika masih merupakan sebuah momok yang ditakuti oleh sebagian besar siswa. Hal ini terlihat dari pencapaian hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika yang masih rendah. Salah satu penyebab rendahnya pencapaian hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika adalah sifat matematika yang memiliki obyek abstrak, sehingga sulit dikuasai oleh siswa.

Telah menjadi isu nasional bahwa penguasaan siswa terhadap materi matematika (yang dimaksud adalah matematika sekolah) masih rendah. Marsadji (dalam Ismail, 1998;1) menyatakan bahwa secara kuantitatif program pendidikan dasar dapat dikatakan berhasil, tetapi secara kualitatif masih harus ditingkatkan mengingat masih rendahnya daya serap materi pelajaran oleh siswa, dalam hal ini rata-rata hanya 60 persen dari materi pelajaran yang disajikan. Kondisi seperti ini juga terjadi di SMP Negeri 14 Kendari. Berdasarkan pengalaman penulis sebagai guru di sekolah ini bahwa penguasaan mata pelajaran matematika (dilihat dari hasil belajarnya) masih sangat rendah yaitu 57,3 persen dengan nilai ketuntasan minimal yang ditetapkan sekolah sebesar 65 persen.

Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa antara lain kurang kreatifnya guru di sekolah dalam membuat dan mengembangkan media pembelajaran, guru miskin akan model-model pembelajaran, sehingga dalam proses pembelajaran matematika di sekolah dilaksanakan dalam situasi dan kondisi yang monoton, guru hanya menggunakan metode ceramah dan metode tugas, karena hanya mengejar bagaimana materi pelajaran tersebut dapat selesai tepat waktunya, tanpa memikirkan bagaimana pembelajaran itu bermakna dan dapat diaplikasikan oleh siswa dalam kehidupan kesehariannya.

Dalam rangka mengatasi kesenjangan dan harapan yang dikehendaki oleh Standart Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang ingin dicapai pada mata pelajaran matematika serta keinginan penulis untuk mencoba menggunakan media pembelajaran berbantu komputer yang dibuat/dikembangkan sendiri, maka penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul “ Penggunaan Media Pembelajaran Berbantu Komputer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 14 Kendari.

B. Rumusan Masalah

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana meningkatkan hasil belajar Matematika dengan menggunakan Media Pembelajaran Berbantu Komputer pada siswa kelas VII-2 SMP Negeri 14 Kendari”.

C. Tujuan Penelitian

Tujuan yang ingin dicapai dari hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hasil belajar Matematika dengan menggunakan Media Pembelajaran Berbantu Komputer pada siswa kelas VII-2 SMP Negeri 14 Kendari.

  1. Manfaat Penelitian

Manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah :

    1. Bagi siswa, yaitu mengetahui hasil belajar Matematika siswa khususnya Kompetensi Dasar melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan menggunakan Media Pembelajaran Berbantu Komputer pada siswa kelas VII-2 SMP Negeri 14 Kendari.

    2. Bagi Guru

  1. Mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika khususnya Kompetensi Dasar Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dan Pecahan dengan menggunakan Media Pembelajaran Berbantu Komputer pada siswa kelas VII-2 SMP Negeri 14 Kendari.

  2. Meningkatkan profesionalisme guru.

  3. Mencari bentuk atau motode-motode pembelajaran yang sesuai untuk mengembangkan kegiatan belajar mengajar.

3. Bagi sekolah sebagai bahan masukan dalam mengelola kegiatan pembelajaran yang lebih inovatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda