Rabu, 15 Agustus 2012

MGMP Matematika SMP/MTs Kota Kendari Gelar Workshop


Bertempat di SMP Negeri 9 Kendari, kelompok MGMP Matematika Tingkat SMP Kota Kendari menggelar Workshop Penyusunan Modul Pembelajaran. Kegiatan yang diikuti oleh 30 orang guru Matematika dan berasal dari SMP/MTs se-Kota Kendari tersebut telah berjalan dalam beberapa kali pertemuan, sebagai bentuk pengembangan karir guru melalui workshop. Menurut Dedy Amril Ismail, S.Pd, M.Pd selaku Ketua MGMP Matematika Tingkat SMP Kota Kendari, menyatakan bahwa saat ini pengembangan karir guru secara terprogram, berkelanjutan dan sesuai kebutuhan menjadi sangat penting dan diperlukan untuk meningkatkan kemampuan guru profesional, apalagi menjelang pemberlakuan Permeneg PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Dalam peraturan tersebut dinyatakan bahwa pengembangan keprofesian berkelanjutan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan guru dan berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya. Pengembangan keprofesian berkelanjutan juga merupakan salah satu komponen unsur utama yang kegiatannya diberikan angka kredit dan merupakan persyaratan yang wajib dipenuhi guru untuk kenaikan pangkatnya. Agar guru dapat memenuhi angka kredit yang diwajibkan tersebut, maka guru dituntut meningkatkan keprofesionalannya secara terus-menerus melalui berbagai upaya, yang salah satunya dapat diperoleh melalui kegiatan workshop atau kegiatan kolektif guru lainnya.
Dedy Amril Ismail (Ketua MGMP Matematika Tingkat SMP/MTs Kota Kendari)
Lebih lanjut, menurut guru yang sehari-hari mengajar di SMP Negeri 14 Kendari ini mengatakan bahwa dipilihnya kegiatan penyusunan modul pembelajaran dalam kegiatan kali ini karena salah satu kemampuan guru yang perlu mendapat perhatian adalah kemampuan membuat publikasi ilmiah diantaranya menyusun atau mengembangkan bahan ajar seperti modul. Selain itu, guru yang juga Ketua Ikatan Guru Indonesia Kota Kendari menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk realisasi Program Kerja Kelompok MGMP Matematika di Tahun 2012, sekaligus memenuhi keinginan rekan-rekan guru untuk menyusun dan mengembangkan sendiri bahan ajar bagi peserta didiknya.
Kelompok VI yg terdiri dari Bu Purnawati, Bu Wa Ena dan
Bu Hj. Nurul saat menyusun Modul PERBANDINGAN
Kelompok IV (Bu Azia, Pak Andi dan Pak Enta) kebagian menyusun modul BILANGAN BULAT

Kegiatan yang didanai oleh Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemdiknas ini menghadirkan narasumber Bapak DR. Kadir, M.Si dari Universitas Haluoleo, yang memaparkan tentang alur penyusunan bahan ajar dan modul pembelajaran dilanjutkan dengan asistensi penyusunan modul dan pengembangan materi pembelajaran sampai pada dihasilkannya modul pembelajaran Matematika kelas VII yang siap digunakan oleh guru yang bersangkutan.
DR. Kadir, M.Si. (UNHALU) saat membawakan materi alur penyusunan Modul Pembelajaran
Walaupun sebagian kegiatan telah memasuki bulan Ramadhan, para peserta tetap antusian mengikuti kegiatan. Hmm..., MATEMATIKA, SIAPA TAKUT...!!!
Baca juga beritanya disini 
Kendari, Juli-Agustus 2012.

Silahkan nikmati foto kegiatannya. Buat rekan-rekan peserta, tetap semangat dalam berkarya...!!!


2 komentar:

Komentar anda