Minggu, 25 April 2010

TERNYATA, angka 1 = 2 ..............!!

Sebuah pengalaman mengajarkan materi bentuk aljabar dan memfaktorkan.
Dari langkah-langkah aljabar berikut, ternyata 1 = 2.

Misalkan a = b
Jika masing-masing dikali a diperoleh: a.a = a.b atau a2 = ab
Jika masing-masing dikurangi b2 diperoleh: a2 – b2 = ab – b2
Jika difaktorkan menjadi: (a – b)(a + b) = b(a – b)
Jika dibagi dengan (a – b) diperoleh: a + b = b
Karena a = b maka: b + b = b
Atau: 2b = b
Akhirnya: 2 = 1

Adakah yang salah/keliru dengan langkah-langkah di atas...?!

Masalah di atas diberikan saat aku akan mengakhiri pelajaran matematika. Setelah mengemukakan masalah tersebut, kemudian siswa diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan. Hasilnya, terlihat siswa melakukan diskusi, mengajukan dugaannya dan (ini yang tak terduga olehku) berdebat dengan seru. Tak lama bunyi bel sebagai tanda pergantian pelajaran. Para siswa dengan spontan menjawab: “Aaaaaah, waktunya habis, Pak Guru! Boleh tambah waktunya?”

.....................................................................................................................................

Sambil berjalan ke ruang guru, aku berpikir lebih baik memberikan mereka tugas-tugas semacam ini biar mereka melakukan diskusi, mengajukan dugaannya dan berdebat dengan ramai biar kelas jadi seru.

Hmmm.... Patut dicoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda